Saturday, April 9, 2011

Tahukah Anda? Arti Cinta Dan Cinta Sejati

Tahun demi tahun telah berlalu, abad demi abad telah terlewati, berbagai buku tentang CINTA telah ditulis. Para bujangga dan pakar psikologi juga telah berbicara tentang cinta, tapi saat ini Cinta masih menjadi sebuah misteri. Belum ada yang mampu mendefinisikan cinta secara tepat. Masing-masing mempunyai definisi tentang cinta yang berbeda-beda.
Cinta adalah sebuah kata yang indah dan mempunyai banyak makna, semakin digali artinya semakin luas pengertiannya. Sehingga cinta tidak akan cukup hanya diungkapkan dengan kata-kata. Tanpa CINTA hidup tak sempurna. Tuhan menciptakan makhluk Nya dengan anugerah cinta, dimana cinta menjadi kekuatan dan daya tarik. Cinta adalah ketulusan memberi tanpa berharap untuk menerima.
Dengan kekuatan cinta seseorang bisa berubah menjadi lebih tangguh. Dengan rasa cinta, seekor kucing rela melompat dari genting yang tinggi karena mendengar tangisan anak bungsunya. Dan karena cinta pula, induk ayam berubah menjadi jagoan demi melindungi anak-anaknya
Saya mempunyai catatan tersendiri tentang cinta, walau catatan itu bukanlah final dalam memaknai cinta. Cinta menurut catatanku adalah sebuah A.N.U.G.E.R.A.H. CINTA adalah sebuah anugerah yang Alloh berikan kepada makhlukNya untuk saling berbagi, menerima apa adanya, mengasihi dan menyayangi secara istimewa.
Tanda Tanda Cinta adalah ketika hati kita mengatakan kepada orang yang dicinta: Aku ingin hidup dengannya sampai akhir hayatku. Ketika kita tidak lagi menginginkan orang lain selainnya dan tidak ada orang yang bisa menggantikannya. Ketika kita tidak bisa membayangkan hidup satu atap dan tidur satu ranjang dengan orang selainnya. Ketika kita ingin selalu bersamanya baik senang maupun susah. Ketika kita ingin menjaganya dan takkan pernah bosan menemaninya.
Ketika kamu menyukai seseorang karena kekayaannya, itu bukanlah cinta tapi matre. Ketika kamu menyukai seseorang karena ketampanan dan kecantikannya, itu bukanlah cinta tapi nafsu. Ketika kamu menyukai seseorang karena kepintarannya, itu bukanlah cinta tapi kagum. Ketika kamu menyukai seseorang karena kekurangannya, itu bukanlah cinta tapi iba.
Cinta sejati adalah cinta yang menerimamu apa adanya, menganggap kekuranganmu sebagai hadiah dan menganggap kelebihanmu sebagai anugerah. Ingat…! “Cinta sejati itu menyembuhkan… bukan menyakitkan” kata Azzam dalam adegan film Ketika Cinta Bertasbih, seraya tangan kanannya menggenggam kedelai.
Cinta sejati nan abadi adalah ketika insan meletakkan cintanya kepada sang Pemilik CINTA. Itulah cinta di atas cinta, tidak akan pernah mati karena Ia adalah keabadian, seperti cahaya di atas cahaya yang tak akan pernah padam.
Tentang cinta, Imam Nawawi pernah berkata: Aku mencintaimu karena agama yang ada padamu. Jika kau hilangkan agama dalam dirimu, hilanglah cintaku padamu.” Semoga kita semua mendapatkan cinta sejati nan abadi. Cinta yang diridhoi, Cinta yang datang dari nurani atas tuntunan Ilahi Rabbi. Amin.

No comments:

Post a Comment