Tuesday, July 14, 2015

Membuat Email AutoResponder or AutoSender

Sebelum kita mulai membahas cara membuat email autoresponder alias auto sender alias pengirim email otomatis (dan gratis), ada baiknya kita menyamakan persepsi terlebih dahulu. Kangmoes mendefinisikan Email autoresponder sebagai sebuah software pengirim email otomatis kepada sekumpulan alamat email dengan cara mendaftar email yang bersangkutan. Cara mendaftarnya biasanya melaui form semacam ini:

email-autoresponderemail-sender

Hampir sama dengan milis, hanya saja karena tidak memiliki web untuk menampilkan komunikasi yang terjadi (seperti yahoogroups), sehingga tidak dapat dikategorikan sebagai milist. Isi dari email yang terkirim biasanya adalah rangkaian email penjualan yang biasanya menggunakan rentang waktu beberapa hari.
Jika kita terdaftar (entah karena sukarela mendaftar atau didaftarkan otomatis oleh orang lain), hari pertama biasanya kita akan mendapatkan email perkenalan, hari kedua email berupa tips-tips penting, dan hari-hari selanjutnya email penawaran penjualan.
Bagi orang yang mendaftarkan diri, email yang diterima biasanya terkesan sangat personal karena di bagian header biasanya tertulis
“Halo Mas Agus” atau ”Apa kabar Mas Slamet?” dan sapaan-sapaan lainnya (tapi kangmoes belum pernah mendapati sapaan personal yang semacam ini = ”Dasar ********* kamu Met”, hehehe).
Sapaan seperti ini akan memberikan kesan bahwa email ini bukan email forward-an. Dan sebagai penerima email, kita merasa di istimewakan.
Tapi jangan dibayangkan bahwa si pengirim email kerepotan untuk mengirimkan emailnya satu persatu. Semuanya sudah ditangani dengan sebuah software yang membuat pengiriman email berjalan otomatis (namanya aja email auto responder kan?).
Lantas bagaimana membuat email tersebut berbeda-beda untuk setiap orang?
Jawabannya tentu anda sudah tahu: memakai software email autoresponder alias auto sender. Di bagian headernya tinggal di masukkan kode semacam ini %%Name%% untuk mengambil daftar nama orang yang akan dikirimi email.
Ibarat pembagian daging kurban. Isinya sama-sama daging, tapi di luarnya berbeda-beda
Lantas bagaimana panduan pemasangan email autoresponder atau autosender ini?
Sabar bro. Pembahasan cara pemasangan kode html atau software autoresponder boleh dikatakan sangat teknis. Tutorial atau reviewnya lebih baik dibahas secara TERPISAH agar tulisan tidak terlalu panjang dan membosankan. Jadi pantengin aja situs ini barangkali kangmoes sudah siap untuk membahas mengenai cara membuat pengirim email otomatis alias autoresponder ini.

No comments:

Post a Comment